Strategi Komunikasi Kepala Madrasah Berprestasi dalam Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah: Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo

Authors

  • Nur Hamidi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.64

Keywords:

Headmaster Elementary School, Strategy, Communication

Abstract

Artikel ini berisi tentang strategi komunikasi kepala madrasah yang berprestasi dalam pengembangan mutu Madrasah Ibtidaiyah. Sejarah perkembangan madrasah ibtidaiyah di Indonesia tercatat sebagai mayoritas jenis lembaga pendidikan Islam yang berstatus swasta dengan mutu rendah. Namun, pada akhir abad 20 dan memasuki awal abad 21 mulai bermunculan beberapa madrasah ibtidaiyah swasta yang mampu bersaing dengan Madrasah Ibtidaiyah negeri maupun sekolah dasar, seperti kasus MI Muhammadiyah Serangrejo. Madrasah ini ternyata dikelola oleh kepala madrasah berprestasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ternyata kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo menggunakan strategi komunikasi yang bervareasi untuk menyampaikan ide-ide pengembangan madrasah. Seluruh komponen madrasah dan masyarakat mendukung, sehingga peningkatan mutu madrasah dapat diwujudkan.

References

Alvonco, Johnson, Practical Communication Skill Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Edisi Revisi, Cet. III, Jakarta Kencana Prenada Media Group, 2012.

Fadjar, Abdul Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Cet.II, Bandung: Mizan Bekerjasama dengan Yasmin, 1999.

Fatchurrochman, Nanang, Madrasah: Sekolah Islam Terpadu, Plus dan Unggulan, Cet. II, Depok: Lendean Hati Pustaka, 2012.

Hoy, Wayne K, dan Cecil G. Miskel, Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik, Diterj.oleh: Daryatno dan Riayanati K. Pancasari, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Jahari, Jaja, dan Amirulloh Syarbini, Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2013.

Liliweri, Alo, Sosiologi dan Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Downloads

Published

2018-12-07