Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Biologi dengan Model Direct Instruktion

Authors

  • Marijatul Kiftiah SMP Muhammadiyah 2 Mlati, Sono, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v5i1.49

Keywords:

biology, direct instruction

Abstract

Sejauh ini mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, termasuk siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Hasil be/ajar yang dicapai siswa pada tahun-tahun sebelumnya selalu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar IPA kurang, proses pembelajaran atau sarana be/ajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajaryaitu dengan menggunakan modelpembelajaran Direct lnstruktion. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa sehingga memudahkan siswa memahami konsep-konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Hasil penelitian: model pembelajaran Direct Instruction efektif digunakan pada pembelajaran IPA di SMP.

References

Anonim, Model-Model Pembelajaran. Melalui http://www.klik.cornl Artikel/ Penelitian, Diakses pada 29 November 2010.

Arends, R. I, Learning to Teach Belajar untuk Mengajar, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Aryulina, D., Muslimin C, Manaf S, dan Winarni, E. W, Esis Biologi 2 SMA dan MA Kelas XI, Jakarta: Erlangga, 2007.

Corebima, D., Muslimin I, Rinie, P. P dan Raharjo, Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Jakarta: Depdiknas, 2002.

Departemen Pendidikan dan Nasional, Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi, Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2003.

Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Berbasis Kompotensi, Jakarta: Depdiknas, 2002.

Departemen Pendidikan Nasional, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jakarta: Depdiknas, 2005.

Distrik, I. W, “Model Pembelajaran Langsung Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas KonsepsiDan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 13 Bandar Lampung”, Tesis, Lampung: Pascasarjana Universitas Bandar Lampung, 2009.

Duran, C., Pengajaran Langsung. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2002.

Ibrahim, R., Sukmadinata, N. S, dan Sudjana, D., Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Jakarta: Imperial Bhakti Utama, 2007.

Ihda, Macam-Macam Model Pembelajaran, Jakarta: Kimia Student, 2009.

Johnson, L.A., Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: Indeks, 2009.

Kardi dan Nur, Pengajaran Langsung, Surabaya: University Press, 2000.

Martinis, Y., Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia press, 2004.

Nizar, A. H. dan Dody, H., Classroom Action Research, Jakarta: Rahayasa, 2008.

Nur, M. dan Wikandari, R. P., Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dcilam Pengajaran. Surabaya: Universitas negeri Surabaya, 2000.

Pratiwi, D. A., Maryati S, Sukini, dan Suhamo, Jakarta: Penuntun Biologi SMA XL Erlangga, 2005.

Pumomo, Sudjino, Trijoko, dan Sembiring, L., Biologi XI- 2A SMA. Jakarta: Sunda Kelapa Pustaka, 2005.

Riyanto, Y., Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Ruseffendi, Statistik Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press, 1998.

Sanjaya, W., Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Sardiman, A. M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Grafndo Persada, 2000.

Shamdas, G.B.N., Strategi Pembelajaran Kooperatif Kecakapan Hidup dan Berpikir Kreatif. Palu: Tadulako University Press, 2010.

Siaga, F., “Implementasi Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) uUntuk Melatihkan Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas I SLTP Pokok Bahasan Ekosistem”, Disertasi, Surabaya: Program Pascasarjana Uiversitas Negeri Surabaya, 2004.

Side, H., “Penggunaan Media Animasi dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 3 SMP Negeri 13 Makassar, Skripsi, Makassar, 2009.

Slavin, R. E., Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Jakarta: Nusa Media, 2010.

Slavin, R. E., Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kedelapan, Jakarta: PT Indeks, 2008.

Sudrajat, A., Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran, melalui http://edu/articles.com/strategi-pembelajaran-active-learning/, 2008, diakses pada 24 November 2010.

Sugiyono, Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2009.

Sujana, Metoda Statistika, Bandung: Tarsito, 1992.

Sukmadinata, N. S., Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Sulthon, H. M., Membangun Semangat Kerja Guru, Yokyakarta: Laksbang Pressindo, 2009.

Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Surabaya: Masmedia Buana Pustaka, 2009.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstniksivistik, Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.

Tuti, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah”, Skripsi, Makasssar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam UN Makassar, 2010.

Warsita, B., Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Downloads