Mengenali Potensi Anak

Authors

  • Eva Latipah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v1i1.20

Keywords:

diagnosis, potential

Abstract

Pada dasarnya manusia memiiiki dua kemampuan besar yaitu kemampuan aktual dan kemampuan potensial. Kemampuan aktual merupakan kemampuan yang ada saat ini, kemampuan yang telah nampak. Ini dapat dilihat (sebagian) misalnya dari skor IQ, skor TOEFL, dan nilai akademik. Kemampuan potensiai merupakan kemampuan yang belum nampak, kemampuan yang memiliki kesempatan untuk berkembang; Oleh karenanya untuk mengembangkannya memerlukan stimulan-stimuian dari lingkungan (pendidikan, orang tua, guru, nutrisi), misalnya talenta. Artikel ini mencoba untuk mengidentifikasi beberapa potensi dan bagaimana cara untuk mengidentifikasinya. Untuk mengidenifikasi potensi diperlukan bagi para guru untuk memahami anak-anaknya yaitu dengan memahami pertumbuhan anak dan tugas-tugas perkembangan untuk setiap tahapannya. Cara untuk mengidetifikasi potensi anak dapat menggunakan dua hal yaitu dengan mengidentifikasi bakat anak dan mengetahui minatnya (kepribadian anak). Bakat anak dapat diidentifikasi dari kemampuan umum (inteligensi), kreativitas, dan motivasi.

References

Anonim , Psikologi Inteligensi, Cetakan pertama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Depdiknas, Pedoman Diagnostik Potensi Peserta Didi, Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, 2004.

Iman, Nurul, MotitJasi dan Kepribadian terjemahan dati Motifation and Personality Abraham Maslow, Jakarta: PT Gramedia, 1984.

John W., Santrock, Life Span Developmen,. Toronto: Brown & Benchmark Publishers, 1997.

Knoers, Monks, J, Haditono, Rahayu, Siti, Psikologi Perkembangan-Pengantar dalam erbagai Bagiannya. Cetakan Kesepuluh, Yogjakarta: Gadjah Mada University Press, 1996.

Lawrence E., Saphira, Mengqjarkan Emotional Intelligence pada Anak,Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1998.

Masrun, Handout, Mata Kuliah Aliran Psikologi dan Penerapannya dalam Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Program Pascasarjana, 2001.

Muhammad bin Ibrahim Al Hamd, Menumbuhkan Optimisme, Motivasi dan Hambatan, Jakarta: Darul Haq, 2002.

P. Guilford, J., The Nature Human Intelligence, New York: Me Graw Hill, 1971. Roger R., Hock, Forry Studies that Changed Psychology. New Jersey: Prentice Hall, 1999.

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

S.C., Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah¸Jakarta: Gramedia, 1994.

Sadli, Saparinah (editor) Inteligensi, Bakat, dan Tes IQ. Cetakan Pertama, Jakarta: Gaya Favorit Press, 1986.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

Downloads

Published

2018-12-07