Kajian Psikologis Terhadap Stimulasi Visual Alam Pembelajaran PAI untuk Anak Usia Sekolah Dasar/MI

Authors

  • Nur Saidah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.17

Keywords:

Visual Stimulation, Psychological Development, Elementary School / MI Children, PAI Learning

Abstract

Menurut psikologi perkembangan anak-anak di sekolah dasar, setidaknya ada dua alasan utama pemanfaatan rangsang visual dalam proses belajar-mengajar. Pertama, stimulasi visual yang lebih menarik untuk memperkaya motitvasi anak dalam belajar, karena siswa akan menikmati proses ini, bahan-bahan yang dapat dijelaskan dengan mudah, metode akan bervariasi dan siswa selves akan melibatkan mereka dalam proses belajar-mengajar, tidak hanya mendengar pelajaran dari guru, tetapi juga mengamati, mencari atau mendemonstrasikan pesan dari ilustrasi. Kedua, stimulasi visual yang sesuai dengan perkembangan psikologis anak-anak di sekolah dasar karena media ini menjelaskan konsep abstrak menjadi konkrit dan menyederhanakan kerumitan pelajaran. Hal ini sangat pmti11g untuk proses belajar PAI yang kebanyakan terdiri dari bahan-bahan dmgan konsep  abstrak. Selain  itu  penggunaan  stimulasi  visual akan  memungkinkan guru membuat joyful learning sehingga  belajar siswa tidak  di bawah  tekanan  dan proses pembelajaran PAI  akan  produktif,  penuh kreativitas, aktivitas,   efektivitas dan kegembiraan.

References

Anglin, Towers & Howard Levle, Visual Message Desigan and Learniang: The Role

of Static and Dynamic Illustrations, NewYork; Indiana University, 1993.

Arsyad, Azhard Media Pembelqjaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.

Bakry, Sama'un, lvfenggagas Konsep Ilmu Pendidikmt Islam, Bandung: Pustaka Bani Quraiy, 2005.

Bashori, Khoiruddin Problem Psikologis Kaum Santri, Risiko Insekuritas Kelekatan, Yogyakarta: FkBA, cet. 1, 2003.

Crow, Alice, An Outline Of Educational P.rychology, Iowa: Littlefield, Adams and Co, 1958.

Darajat, Zakiah, llmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, cet. 16,2003.

Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosda Karya, 2005.

Dunn, Watson dan Barban, Arnold, M. "Advertising It's Role and Modern Marketing", Newyork: NY the Dryden Pres, ct. 5, 1982.

Ena, Ouda Tecla, Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi, www. Aitech.acjp, tanggal akses 10 Februari 2008.

Hernowo, Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan, Bandung: MLC Mizan, 2007.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Al-Khalili, Amal Abdussa1am,Mengembangkan Kreativitas Anak, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, ct. 1, 2005.

Kurdi, Syuaeb Abdul Aziz, Model Pembelajaran Efektif PAI di SD dan MI, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006.

Lowenfeld, Victor, Creative and Mental Growth, The Macmillan Company, The United States of America, 1970.

Manasikana, Arina, Qur 'an Hadis untuk MI Kelas III, Mef!jelqjah Ke Gua Mahira, Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2006.

Mas'ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik (Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam), Yogyakarta: Gama Media, 2002.

Soetjiningsih dan IG.N. Gde Ranuh, Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1995.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Bam Algensindo, 2002.

Downloads

Published

2018-12-07