Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo

Chafidhatul Ulum

Abstract


Keterampilan sosial peserta didik mempunyai peran yang sangat penting dalam
sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana
keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas V MI
Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi pembelajaran
tematik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu yaitu tahap perencanaan yang meliputi
mengambil tema dari Kemendikbud RI, mengecek/melihat SKL, KI, KD, melakukan
Pemetaan KI,KD, membuat jaringan tema, menyusun silabus, dan merancang RPP,
tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup,
dan tahap evaluasi. Kedua, keterampilan sosial peserta didik meliputi keterampilan
bekerja sama dengan orang lain, keterampilan mengontrol diri dan keterampilan berbagi
pikiran dan pengalaman dengan orang lain. Ketiga, faktor pendukung pengembangan
keterampilan sosial peserta didik adalah guru, peserta didik, dan lingkungan. Faktor
penghambatnya yaitu belum terpenuhinya sarana prasarana madrasah, dan distribusi
sumber belajar terlambat. Keempat, dampak pengembangan keterampilan sosial peserta
didik yaitu sikap disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap orang lain.


Keywords


Keterampilan Sosial; Peserta Didik; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Azzet, Muhaimin Akhmad, Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak,

Yogyakarta: Katahati,2014.

Maryani, Enok, “ Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa”, Jurnal Penelitian, Vol.9,No.1, April 2009.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdyakarya, 2009.

Nur, M. & Rini, Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta : Ar Ruzz Media, 2010.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013Pendidikan Dasar dan Menengah.

Smith dan Bremer, “Teaching Social Skill”, International Center on Secondary Education and Transition Information Brief, Vol.3, Issue5, 2004.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Utomo, Hardi, “ Kontribusi soft skill dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan”, Jurnal Among Makarti , Vol.3 No.5, 2010.

Zamroni, Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi (Prakondisi menuju Era Globalisasi),Jakarta:PSAP,2007.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License