Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah

Authors

  • Maemonah Maemonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.151

Keywords:

Implementasi, pendidikan karakter, pendekatan pembelajaran.

Abstract

Implementasi pendidikan karakter di madrasah atau sekolah "include" denganmata pelajaran lain perlu diimplementasikan dengan materi-materi pembelajaranyang relevan, baik evaluasi atupun metode pendekatan pembelajarannya. Selainpendidikan formal, pendidikan karakter dibangun secara terus menerus sepanjanghayat masih ada (long live education). Sebab, karakter sesungguhnya menjadibagian dari ruh kehidupan itu sendiri. Jadi, hidup tanpa karakter bagaikan hiduptanpa ruh. Implementasi pendidikan karakter di sekolah selama ini baru terbataspada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, belum sampai pada tingkataninternalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakterdibangun oleh tiga pihak secara sinergis, yaitu pertama, orang tua, kedua satuanlembaga pendidikan dan ketiga, masyarakat. Pendekatan yang digunakan hendaknya komprehenshif.

References

Anderson. DR, "Character Education: Who is Responsible", Journal of

International Psychology, 27 (3), 2000.

Buchori, Mochtar, Pendidikan Antisipatoris, Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Corey, Gerald, Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi (tetj), Bandung: Revika Aditama, 2009.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Drost, J., Dari KBK sampai MBS, Jakarta: Kompas, 2006.

Hall, Hellen C, "Teacher's Attitudes toward Character Education and Inclusion in Family and Consumer Sciences Education Curriculum", dalamJournal of Family and Consumers Sciences Education vol. 21, No. 1, Tahun 2003,hlm. 11-17, 2003.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung; Rosdakarya, 2006.

Hidayat, Komaruddin, Reinventing Indonesia: Menemukan Kembali Masa Depan Bangsa1 Jakarta: Kompas, 2006.

Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga, 1980.

Lickona, Thomas, Educating for Character, New York: Bantam Book, 1991.

Karli, Hilda, 3 H dalam KurikulumBerbasis Kompetensi, Bandung: Bina Media Informasi, 2007.

Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Gresindo, 2007.

__________. Pendidikan Karakter, Jakarta: Gresindo.

Mulyana, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteistik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya, 2007.

Olivia, Peter F.Developing the Curriculum, Boston: Brown and Company, 1982.

Sanfrock, John, Psikologi Pendidikan, pent. Tri Wibowo, Jakarta: Kencana, 2007.

Satmoko, RS, Psikologi Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan, Semarang: IKIP Semarang Press, 1999.

Sumantri, Mulyani, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Proyek LPK, 1988.

Supamo, Paul, Filsafat Konstruktifisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Downloads