Peningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Tema Kegemaranku di Kelas II SD Negeri Margoagung Sleman

Laelatul Badriah

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui hasil be/ajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, model Hopkins dengan dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 60% hasil be/ajar siswa mengalami ketuntasan yaitu dengan KKM 65 pada kompentensi yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan media gambar dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Terbukti, saat penerapan media gambar pada pembelajaran tematik siswa sangat antusias sehingga dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan pada pretetst ialah 56,67% (17 siswa) dan posttest sebesar 80% (24 siswa), lalu pada siklus II prosentase ketuntasan siswa mencapai 90% dengan 27 siswa yang tuntas KKM Berdasarkan hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil be/ajar siswa pada pembelajaran tematik. Artinya pembelajaran tematik dapat lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakannya media gambar.

Keywords


pembelajaran tematik, media gambar

Full Text:

PDF

References


Agus Suharjana dkk, Modul Matematika SD Program Bermutu:Pemanfaatan Alat

Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD, Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 2009.

Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional Jakarta: Pedoman ilmu Jaya, 2010.

Arief S Sadiman dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pemanfaatan dan Pengembangannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Asep Heri Hermawan, Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Bandung: UPI Press, 2007.

Azhar Arsyad, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

_________, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Baharuddin Dkk, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media Group, 2007.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Indrawati, Model Pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD, Jakarta: PPPPTK IPA, 2009.

Ismiyana, Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.

Kunandar, Guru Profesional, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Mamat SB, dkk, Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, 2005.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Algensindo, 2010.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Rochajat Harun, Metode Penelitian Kulitatif, Bandung: Mandar Maju, 2007.

R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional, 2000.

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada, 2005.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Soetomo, Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Sudaryanto, Keterampilan Berbahasa Membaca, Menulis, Berbicara untuk Mata Kuliah Dasar Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdikbud, 1988.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.

Syaiful B Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

_______. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

______ , Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TKIRA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana, 2011.

Udin Saefuddin Sa'ud, Pembelajaran Terpadu, Bandung: UPI Press, 2007.

Yanti Herlanti, Pembelajaran Tematik, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

Wasty Sumantono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2011.

__________, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Wiriatmadja Rachiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda Karya, 2005.

Winkel W. S, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2004.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter (Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License