Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia

Authors

  • Fitria Martanti Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.127

Keywords:

Metode, Struktural Analitik Sintetik, Disleksia.

Abstract

Membaca merupakan salah satu kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh anak. Tidak semua anak dapat belajar membaca dengan mudah, pada beberapa kasus ditemukan anak yang kesulitan belajar membaca atau dikenal dengan istilah disleksia.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, artinya data yang dikumpulkan bukan merupakan angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari wawancara, catatan lapangan dan dokumen resmi lainnya.Berdasarkan hasil penelitian di SDN Watuaji 1 Jepara dapat diketahui bahwa beberapa anak yang mengalami kesulitan membaca disebabkan oleh perhatian orang tua yang kurang dan faktor intelegensi maupun sosio-ekonomi. Pelaksanaan metode struktural analitik sintetik dalam pembelajaran anak disleksia dapat membantu anak dalam mempermudah belajar membaca. Pelaksanaan metode struktural analitik sintetik dilakukan dengan menyajikan kalimat secara utuh, kemudian kalimat itu dianalisis menjadi kata, suku kata, dan huruf, serta unsur huruf tersebut dirangkaikan hingga menjadi kalimat kembali. Penggunaan metode struktural analitik sintetik selain dapat membantu kesulitan membaca juga dapat meningkatkan kerjasama anak dalam proses pembelajaran.

References

Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Adhim, M. Fauzil, Membuat Anak Gila Membaca, Bandung: Mizan Media Utama, 2004.

Marhaeni, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.

Moleong, J. Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Puji Santoso, Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Suryabrta, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grafindo, 2012.

Wassid, Iskandar, dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Downloads