Pengembangan Situs E-Learning Dengan Moodle Versi 3.1 Sebagai Media Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Hamdan Husein Batubara Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.116

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Learning, Moodle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat situs e-learning dengan Moodle versi 3.1. dan mengkaji hasil penggunaannya sebagai media pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) untuk menghasilkan sebuah situs e-learning. Dosen dan mahasiswa mendaftar pada situs e-learning dilakukan secara mandiri dengan e-mail. Pengguna yang berhasil mendaftar pada situs e-learning akan mendapatkan peran authentical user (pengguna terdaftar). Authentical user dapat mengikuti sebuah mata kuliah dengan cara mendaftar menggunakan sandi mata kuliah. Administrator memberikan peran Manager kepada akun dosen agar ia dapat mandiri dalam membuat dan mendaftarkan dirinya sebagai pengajar pada sebuah halaman mata kuliah. Fitur-fitur untuk menyajikan bahan ajar terdiri dari format buku, halaman tunggal, file, folder, dan URL. Aktivitas pembelajaran yang tersedia adalah forum diskusi, penugasan online, ujian online, feedback, dan kuesioner online. Rata-rata skor ahli media menyatakan bahwa kualitas e-learning berada pada kategori baik dan para pengguna percaya bahwa e-larning efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Produk yang dikembangkan telah memenuhi saran ahli media dan para pengguna e-learning.

References

Admin, Moodle, Portal E-Learning, Diambil kembali dari Kompas Tekno: http://tekno.kompas.com/read/2008/07/31/0719116/moodle.portal. e-learning, 2008, 7 31.

Admin, About Moodle, Diambil kembali dari Moodle: https://docs.moodle.org/32/en/About_Moodle, 2017, 23 2.

Agung, D, A, Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran. Seruni Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, 1(1), 2012, 45.

Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya, 2012.

Darmawan, D, Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Kristo, F, Y, Apa Kendala E-Learning di Indonesia? Diambil kembali dari Detiknet: http://inet.detik.com/read/2008/08/21/171452/992295/398/apa-kendala-e-learning-diindonesia, 2008, 08 21.

Limniou, M, &, “Teachers’ and students’ perspectives on teaching and learning through virtual learning environments.” European Journal of Engineering Education, 35(6), 2010, 645-653.

Marikar, F, M, “Effectiveness of MOODLE in Education System in Sri Lankan University,” International Journal of Modern Education and Computer Science, 8(2), 2016, 54.

Martín-Blas, T, & F, “The role of new technologies in the learning process: Moodle as a teaching tool in Physics.” Computers & Education, 52(1), 2009, 35-44.

Downloads

Published

2018-12-09