Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun

Authors

  • Dian Permatasari Kusuma Dayu IKIP PGRI MADIUN
  • Liya Atika Anggrasari IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.114

Keywords:

Keterampilan Menulis, Media Pembelajaran, Big Book Writing.

Abstract

Keterampilan Menulis adalah salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Menumbuhkembangkan untuk berani mengekspresikan gagasan atau gagasan siswa dalam bentuk tertulis dapat dikembangkan melalui pendidikan. Namun,  sayangnya  habituasi  ini  tidak  ditanggapi  secara  serius  dalam  sistem pendidikan, sehingga budaya penulisan pada siswa tetap rendah dan masih banyak siswa yang merasa kesulitan untuk melakukan penulisan cerita. Tujuan menulis keterampilan di sekolah adalah agar siswa dapat berbicara bahasa Indonesia untuk mengembangkan ide atau gagasan secara tertulis melalui esai yang mereka buat. Salah satu media yang dapat meningkatkan media pembelajaran menulis adalah Big Book Writing. Media Big Book Writing adalah salah satu media yang dapat merangsang siswa untuk menulis. Big Book Writing adalah buku bacaan dengan ukuran, teks, dan grafis yang hebat.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik(Cetakan Kelima belas), Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada.Depdiknas. (2006), Peraturan Menteri, 2009.

Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.

Fitriani, Ika dan Bambang Yudi Cahyono, “The Effectiveness of Implementing Big-Book and NarrativeScaffold on the Students’ Achievement in Writing Narrative Texts,” Jurnal Universitas Negeri Malang (Vol. 1 Nomor 1). 2012, Hlm. 1-13

Lynch, A Guide for Using Big Books in the Classroom. Jurnal Scholastic Canada Ltd, 2008, Hlm. 1-6.

Nambiar, Mohana, “Early Reading Instruction-Big Books in the ESL Classroom,” Jurnal The English Teacher (Vol XXII), 1993, Hlm. 1-7.

Rusman, Kurniawan, Deni, Riyana, Cepi, Pembelajaran BerbasisTeknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012.

Suprihatiningrum, Jamil, Guru Professional, Yogyakarta: Delta Press, 2013.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana, Media Pembelajaran, Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, FIP, UPI, 2008.

Suyanto, Kasihani K, E, English for Young Learners, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Tarigan, H, G, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa Bandung,

Downloads

Published

2018-12-09