Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbatuan Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD

Authors

  • Abdullah Abdullah SMP NEGERI 1 GIRISUBO

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i2.104

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Media Komputer, Prestasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran matematika berbantuan komputer terhadap prestasi belajar matematika siswa SD pada tema pokok keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat prestasi belajar matematika siswa SD dan variabel bebasnya adalah media berbantuan komputer dan media konvensional. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Subjek penelitian sebanyak 62 siswa. lnstrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan ana/isis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada tarafsignifikansi 5 % (d = 0.05).Hasil penelitian ini adalah; pembelajaran matematika berbantuan komputer berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa SD, hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai sig.  0,000 < 0,05.

References

Agung Priyono, Suwarsono, & Sugiarto, Peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw pada siswa kelas VI A SDN 01 Manis Rejo kecamatan Taman kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009. Dalam Puji Purnomo, et al. (Eds.), Menjadi guru yang ilmuwan dan ilmuwan yang guru. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Darma.

Ansyori Gunawan, “Penguasaan Konsep Geometri Oleh Murid SD Negeri 38 Kota Bengkulu,” Jurnal penelitian UNIB, Vol. X, No 1, 2004.

Chai Ching Sing & Quek Choon Lang, Using computers as cognitive tools, Dalam Tan Seng Chee & Angela F, L, Wong (Eds.), Teaching and Learning With Technology: an Asia-Pacific Perspective, Singapore: Pearson Education Asia Pte Ltd, 2003.

Chambers, P, Teaching Mathematis (Developing as a Reflective Secondary Teacher), London: SAGE Publications Ltd, 2008.

Coon, D, & Mitterer, J, O, Introduction to Psychology (Gateways to Mind and Behavior), United States of America: Brock University, 2007.

DAFTAR PUSTAKA

D'Augustine, C, & Smith, C, W, Jr, Teaching Elementary School Mathematics, New York: HarperCollins Publisher, 1992.

Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Forbes, J. E., & Eicholz R E., Mathematics for elementary teachers, Filipina: Addison-Wesley Publishing Company Inc, 1971.

Hadjar, Ibnu, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1996.

Hamzah B. Uno, Model pembelajaran {menciptakan proses be/ajar mengajar yang kreatif dan efektij), Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Haylock, D, & Thangata, F, Key Concepts In Teaching Primary Mathematics, London: SAGE Publication, 2007.

Ireson, J, Learners, Learning and Educational Activity, New York: Routledge Tylor & Francis Group, 2008.

Isjoni, Pemanfaatan Teknologi Pengajaran: Harapan Untuk Indonesia. Dalam Isjoni & Firdaus LN (Eds.) Pembelajaran terkini: Perpaduan Indonesia-Malaysia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Jejen, Harsoyo, & Rusmawan, Peningkatan Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI SDN Jagabaya 01 Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2008/2009, Dalam Puji Purnomo, et al. (Eds.), Menjadi Guru yang Ilmuwan dan Ilmuwan Yang Guru, Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Darma, 2009.

Kennedy, L. M, Tipps, S, & Johnson, Guiding Children's Learning of Mathematics, Belmont, USA: Thomson Higher Education, 2008.

Lacina, J, Computers and Young Children, Childhood Education, Olney: Winter 2007/2008. Vol. 84, Iss. 2; 2007, hlm. 113. diambil pada tanggal 07 Oktober 2009. www.proquest.com/pqdweb.

Mardapi, Djemari, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes, Yogyakarta: Mirra Cendikia Press, 2008.

Marja, L, M, Understanding Student Affect in Learning Mathematics Dalam Petroselli, C, L, (Eds.), Science Education Issues and Developments, New York: Nova Science Publishers, 2008.

Marpaung, Reformasi Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar, BASIS (Juli-Agustus 2004) No. 07-08 Tahun ke-53.

Martyn Long, The psychology of education, London & New York: RoutledgeFalmer Group, 2003.

Miller, P. H., Theories of developmental psychology (third edition), New York: W.H. Freeman and Company, 1993.

Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2008.

Rasiman & Rahayu, Media Penelitian Pendidikan, Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, volume 2 Nomor 1 tahun 2008, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat IKIP PGRI Semarang.

Souviney, R, J, Learning to Teach Mathematics, United States of America: Macmilln Publishing Company, 1994.

Sukmadinata, Syaodih, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Sunarto, Pengertian Prestasi Belajar, www.Sunartombs.wordpress.com, Diambil pada tanggal 28 september 2009.

Suparno, Paul, Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Suwarsih Madya, Hasil UASBN SDIMI DIY Turun, Diambil pada tanggal 09 Juli 2009. http://sdmuhcc-yogya.sch.id.

Tohirin, Psikologi pembelajaran pendidikan agama Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006.

Vernon., J, R, B, How to be Your Child's First Teacher, United States of America: McGraw-Hill Children's Publishing, 2000.

Whitebread, D, The Psychology of Teaching and Learning in The Primary School, London: RoutledgeFalmer is an imprint of the Taylor & Francis Group, 2001.

Winkel, Psikologi pengajaran, Jakarta: PT. Grasindo, 1999.

Wintz, P, Accelerating quality delivery of the mathematics curriculum by re-tooling mathematics classrooms with only one computer. International Journal Of Education and Development Using Information and Communication Technology, Bridgetown: 2009. Vol. 5, Iss. 3; him. El. Diambil pada tanggal 10 Oktober 2009. www.proquest.com/pqdweb.

Downloads

Published

2018-12-09