Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kit untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar IPA di MI/SD

Authors

  • Nurul Hidayati Rofiah Program Studi PGSD FKIP UAD

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v6i2.145

Keywords:

Lembar keija peserta didik, Kit IPA, Keterampilan proses dasar

Abstract

Selama ini proses pembe/ajaran IPA di SD belum memberi kesempatan yang optimal bagi peserta didik untuk meningkatkan keterampilan proses IPA. Kit IPA belum digunakan secara optimal karena guru belum mengembangkan LKPD berbasis kit IPA. Penelitian ini adalah penelitian R&D dengan hasil LKPD berbasis Kit IPA. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan adalah: (1) Ana/isis produk, (2) Pengembangan produk awal, (3) validasi dan revisi, (4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi. Hasil telaah kelayakan kualitas oleh ahli materi mendapat kategori "san gat baik ", oleh ahli media mendapat kategori "baik", oleh ahli bahasa mendapat kategori "baik". Hasil uji coba skala kecil menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan proses dasar IPA di setiap aspek.

References

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.

Bahan Belajar Mandiri 7, "Media Pembelajaran IPA di SD", http://bbm7, diakses pada tanggal 20 Desember 2012.

Depdikbud, Pedoman penggunaan kit JPA di SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Proyek Pengadaan Alat Peraga IPA Madrasah Dasar, 1999.

Eugene L Chiappetta & Thomas R Koballa, Science Instruction in the Middle and Secondary Schools, Boston: Allyn & Bacon, 2010.

K., Devi, P., Sofiraeni, R dan Khairuddin, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Bandung: PPPPTK IPA, 2009.

Kompas, "Lalu, Untuk Apa LKS Dipertahankan",Kompas. co. id, diakses pada tanggal 19 April 2012 Laboratorium Multimedia, "Pedoman penyusunan LKPD", www.bahanajar. com, diakses tanggal 9 Oktober 2012.

Mardapi, Djemari, Penyusunan Tes Basil Bel ajar, Yogyakarta: Program

Pascasatjana UNY, 2004.

Ostlund, Karen L., Sciens Process Skill, USA: Addison-wesley publishing company.

Prasetyo, Zuhdan Kun, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP", Laporan Pene1itian Payung program Pascasatjana UNY, 2012, http://staff. uny. ac. id, diakses tanggal 20 Nopember 2011

Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2011.

Purwanti, Endang, Asesmen Pembelajaran SD, Jakarta: Depdiknas, 2008.

R., Martin, Sexton, C., Franklin, T., et al, Teaching science fol all children: Inquiry methods for constructing understanding (3rded.) ,Boston: Pearson Education, Inc, 2005.

Ralph Martin, et al, Teaching science for all children-inquiry methodsforconstructing understanding, Boston: Pearson., 2005.

Richard J Rezba, et al, Learning and Assessing Science Process Skills. USA: Kendal Hunt Publishing Company.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008

Sulistyorini, Sri, Pembelajaran IPA Madrasah Dasar, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2007.

Downloads