Paradigma Baru Pendidikan Islam Berbasis Pemberdayaan Peserta Didik

Authors

  • M. Miftah BPM Semarang

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i1.100

Keywords:

Paradigma, Pendidikan Islam, Pemberdayaan.

Abstract

Paradigma lama pendidikan Islam yang telah terbangun sejak abad pertengahan (periode Islam), dengan mengkaji dan mempelajari teks-teks keagamaan dengan metode hafolan, bersifot mekanis, mengutamakan pengkayaan materi, sudah harus ditinggalkan untuk menuju paradigma baru pendidikan. Pendidikan dan pengajaran dalam Islam bukanlah sekedar kegiatan untuk mewariskan harta kebudayaan dari generasi terdahulu kepada generasi penggantinya yang hanya memungkinkan bersifot reseptif, pasif, menerima begitu saja.Artikel ini ditulis dengan tujuan sebagai tukar pikiran dan sekaligus memberikan sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan Islam,  dengan harapan semoga menjadi pencerahan/wacana bagi pendidikan Islam  dalam mengembangkan dan melatih peserta didik untuk lebih bersifot direktif, mendorong agar selalu berupaya maju, kreatif dan berjiwa membangun.

References

al-Attas, al-Nauquib, Muhmmad, Konsep Pendidikan dlam Islam, Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafot Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 1984.

Djohar, "Soal Reformasi Pendidikan Omong Kosong,Tanpa Mengubah UU No.2/89," Kedaulatan Rakyat, 4 Mei 1999.

Fakih, Mansour, Pendidikan Popular Membangun Kesadaran Kritis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Ismail, Faisal, Paradigma Kebudayaan Islam Studi Kritis dan Refleksi Historis, Yogyakarta: Tiara Ilahi Press, 1998.

Jalal, Fasli, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta: Aditi, 2001.

Mastuhu, Pemberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.

Purbo, W, Onno, "Tantangan Bagi Pendidikan Indonesia," Diakses pada http://www.detik. com/netonnoljurnal200041aplikasi/pendidikanlp-19.shtml. 2000, pada tanggal 6 Juni 2000.

Sanaky AH, Hujair, "Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern," Jurnal Pendidikan Islam, Konsep dan Implementasi, Vol.5. No.4, ISSN: 0853 - 7437, FIAI UII Yogyakarta, (Agustus, 1999).

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Tilaar, R, A, H, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 1999.

Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.

Downloads